Viral Foto Wine Berlabel Halal, Cek Faktanya

  • Bagikan
Viral miras berlabel halal. ILUSTRASI JPNN.COM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Beberapa hari terakhir, varian produk wine berlabel halal menjadi perbincangan di dunia maya. Bersamaan dengan hebohnya legalisasi izin investasi minuman keras (miras), yang akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun membatalkan lampiran Perpres terkait hal tersebut.

Penelusuran radarlampung.co.id, ternyata viralnya foto minuman produk Crystal Wsk itu sudah terjadi sejak medio Oktober 2017. Sebagaimana dilansir jpnn.com. Belakangan ribut-ribut soal wine berlabel halal itu kembali ramai ketika banyak netizen yang mengunggah foto iklan minuman produk Crystal Wsk.

Minuman Crystal Wsk diproduksi Emerald Beverages, Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka memiliki tiga produk minuman, yakni Crystal Whiskey, Empire Vodka, dan Riviere Wine.

Meskipun mengandung kata whiskey, vodka, dan wine, ketiganya diklaim halal. Tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Dalam situs resminya, Emerald Beverages menyatakan bahwa minuman nonalkohol disediakan untuk masyarakat yang memiliki pantangan mengonsumsi alkohol.

Baik karena larangan agama maupun konsumen yang memang memiliki gaya hidup sehat. Sayang, tidak dijelaskan dari mana sertifikasi halal didapatkan.

Pada 25 Oktober 2017, Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi telah ‎menegaskan, beredarnya minuman miras dengan label halal tersebut adalah hoax. Bahkan itu adalah sebagai bentuk fitnah kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan MUI.

“MUI memastikah bahwa itu hoax karena yang berwenang menetapkan fatwa kehalalan sebuah produk makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika adalah MUI,” ujar Zainut mengutip keterangannya kepada JawaPos.com, Rabu (25/10).(jpnn/jpg/sur)




  • Bagikan