Viral Replika Way Kambas di Taronga Zoo Australia, Begini Penjelasan TNWK

  • Bagikan
Replika Taman Nasional Way Kambas di Taronga Zoo Foto Shutter Stock/kumparan.com

RADARLAMPUNG.CO.ID-Objek Wisata Taronga Zoo Australia ternyata memiliki replika Way Kambas seperti yang ada di Lampung Timur. Replika taman nasional tersebut terungkap dalam acara Antavaya Virtual Tour Sydney, Minggu (18/4).

Acara yang dipandu Sarah Azka dan Ana Octarina itu mengajak pengunjung melihat objek wisata secara daring. Dan saat berkunjung ke Taronga Zoo Sydney keduanya terkejut melihat pendopo persis seperti di Taman Nasional Way Kambas.


Menurut Stephanie pemandu objek wisata itu, replika TNWK sengaja dibuat persis seperti alinya. Dirinya juga mengaku sudah beberapa kali mengunjungi TNWK.

Humas Balai TNWK Sukatmoko menjelaskan, keberadaan replika TNWK di Taronga Zoo Australia dimulai sejak 2018 lalu. Menurutnya, hal itu merupakan bagian kerjasama antara Yayasan Badak Indonesia (Yabi) yang memiliki kegiatan di Kawasan TNWK dengan Taronga Zoo sejak 2018 lalu.

Baca Juga:   Bupati Lamtim Launching MRC

Dilanjutkan, melalui kerjasama tersebut, pihak Taronga Zoo mmberikan dukungan terhadap upaya pelestarian Badak Sumatra yang dilaksanakan Yabi di kawasan TNWK.

“Penempatan replika TNWK di Taronga Zoo merupakan salah satu bentuk kerja sama dan dukungan terhadap upaya pelestarian Badak Sumatra,”jelas Sukatmoko mewakili Amri selaku Plt.Kepala Balai TNWK, Minggu (18/4).

Selain itu, kerjasama antara Yabi dengan Taronga Zoo  juga bertujuan untuk meningkatkan potensi kunjungan wisata ke TNWK. “Pihak Taronga Zoo akan menawarkan paket wisata ke TNWK kepada para pengunjung,”lanjutnya.

Namun imbuhnya, karena masih dalam masa pandemi covid-19, maka kerja sama untuk meningkatkan kunjungan wisata ke TNWK belum dapat terlaksana. “Semoga setelah pandemi covid-19 berakhir, tingkat kunjungan wisata ke TNWK meningkat,”imbuh Sukatmoko. (wid/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan