Viral Warga Diamuk Massa, Diduga Terkait Kasus Penggelapan Motor


RADARLAMPUNG.CO.ID – Ratusan warga Kelurahan Pesawahan,Telukbetung Selatan, Bandarlampung, viral terlihat tengah menghakimi seorang warga diduga melakukan penggelapan motor.

Usut punya usut, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (16/4), sekitar pukul 13.00 WIB, tepatnya di Jalan Ikan Sepat, Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandarlampung.





Dari video yang didapatkan Radarlampung.co.id berdurasi 00.30 terlihat Babinsa Garuntang- Koramil 410-02/TBS, Kodim 0410/KBL, Serda Bitermen berada di lokasi tersebut.

Kemudian Radarlampung.co.id pada Minggu (17/4) malam mencoba konfirmasi kejadian tersebut ke Serda Bitermen.

“Iya benar kejadian tersebut pada Sabtu (16/4) pukul 13.00 WIB, saya kebetulan melewati wilayah Pesawahan, saya melihat ada keramaian masa, infonya penggelapan kendaraan roda dua (R2). Saya takut warga tersebut mati dikeroyok masa, jadi saya tahan agar masa itu tidak brutal dan anarkis dan tidak main hakim sendiri,” ucapnya.

Setelah aman, lanjut dia, di saat warga mulai mereda dirinya pun langsung lapor polisi. “Karena warga saya suruh lapor polisi gak sampai-sampai. Lalu saya jemput polisi tersebut untuk mengamankan pelaku dugaan penggelapan motor ini,” jelas Serda Bitermen, Minggu (17/4) malam.

Dari data yang dihimpun, lanjut Serda Bitermen, awalnya pelaku bergoncengan dengan kawannya, namun informasinya kawannya kabur.

“Infonya karena penggelapan motor, tapi saya tidak tahu pasti karena saya langsung serahkan ke Polsek TbS. Karena bukan wewenang saya, itu ranah kepolisian. Agar pelaku tersebut aman dari amuk masa kurang lebih sekitar 100 orang, dikhawatirkan warga semakin anarkis malah timbul pembunuhan, itu yang saya takutkan,” tambah Serda Bitermen.

Sayangnya, Serda Bitermen tidak mengetahui siapa nama pelaku yang diamuk masa tersebut karen langsung diserahkan ke Polsek TbS.

Sementara, Bhabimkabtimas Pesawahan-Polsek TBS Aiptu Guna Wardhana membenarkan kejadian tersebut pada Sabtu (16/4) jam 13.00 WIB di wilayah tugasnya.

Namun dirinya mengatakan pada saat tersebut tidak di lokasi dan kasus tersebut ditangani langsung Polsek TbS.

Sayangnya, Aiptu Guna Wardna tidak mengetahui data pelaku dan korbannya. “Untuk data pelaku dan sebagainya coba konfirmasi langsung ke Polsek TbS,” sebut Aiptu Guna Wardhana, Minggu (17/4) malam.

Saat Radar Lampung mencoba konfirmasi ke Kapolsek Telukbetung Selatan Kompol Adit Priyanto membenarkan hal tersebut. “Iya benar ada 1 pelaku dugaan penggelapan motor ditangkap oleh masa pada Sabtu (16/4) jam 13.00 WIB,” jelas Kompol Adit, Minggu (17/4) malam.

Meskipun demikian, Kompol Adit belum mau menjabarkan inisial pelaku. “Kami sedang pengembangan,” jelas Kompol Adit.

Dari hasil pengembangan sementara ada dua Tempat Kejadian Perkara (TKP), yakni satu di Kemiling, Tanjungkarang Barat dan satu di Pesawahan, Telukbetung Selatan.

“Jadi ini masih pengembangan. Jika share di publik siapa nama pelaku yang ditangkap dikhawatirkan pelaku satu lagi kabur,” pungkas Kompol Adit. (gie/sur)