Wakil Ketua Demokrat Lampung : Kapasitas Perempuan Sudah Setara Saat Berpolitik

  • Bagikan
KPPI Lampung saat menggelar pertemuan ke Partai Demokrat Lampung. Foto Agung Budiarto/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID- Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Lampung mengadakan kunjungan ke kantor DPD Partai Demokrat Lampung, Rabu (23/6). Dalam pertemuan itu, Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Lampung Raden M Ismail mengatakan, tentunya berdasarkan regulasi yang ada partai demokrat lampung sudah mencukipi 30 persen keterwakilan perempuan dalam pengurusnya. “Kalau cuma dua orang saja, syarat pendaftarannya kan tidak goal. Syarat 30 persen itu kewajiban. Dan Partai Demokrat Lampung sudah melengkapinya,” katanya.

Dijelaskan, tentunya perempuan saat ini memiliki kapasitas yang sudah setara dengan laki-laki dalam berpolitik. “Sebenarnya itu hanya persoalan strategi mencari peluang, mencari konstituen dan sebagainya. Kita juga mengajak ayo sama sama untuk perempuan ke panggung biar semua berani,” katanya.

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

Tentunya dia jiga menyambut baik kehadiran KPPI di partainya. Kata dia, pihaknya juga siap mendukung program KPPI yang mendorong parpol untuk meningkatkan keterwakilan perempuan di legislatif.

Sementara, Ketua KPPI Lampung, Aprilliati menjelaskan, kedepan juga akan diformulasikan dari KPPI poin-poin perempuan yang bisa maju ke kancah perpolitikan. “Misalnya perempuan mana yang berpotensi maju pileg, kita punya kisi-kisinya. Asal dengan keyakinan bisa bersaing secara fair,” tegasnya.

Dia juga menegaskan, roadshow yang dilakukan untuk mengoptimalkan keterwakilan perempuaan politik di Provinsi Lampung yang juga sudah menjadi agenda KPPI Pusat. Dimana salahsatu targetnya adalah memenuhi kuota 30 persen perempuan di parlemen tingkat Provinsi. Diketahui, hasil pileg 2019, keterwakilan perempuan di DPRD Lampung hanya 17 orang. “Kalau perhitungannya kan baru 20 persen. Jika 17 dari 85 anggota dprd provinsi. Jadi kekurangan kita masih 10 persen. Kita berupaya melalui raodshow ini agar itu tercukupi,” katanya. (abd/wdi)




  • Bagikan