Warga Buay Nyerupa Demo, Tuntut Penutupan Tambang Pasir

  • Bagikan
Sejumlah warga Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Lampung Barat menuntut penutupan tambang pasir di wilayah tersebut, Selasa (12/10). Aktivitas penambangan dituding menyebabkan kerusakan lingkungan. FOTO EDI PRASETYA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Warga Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Lampung Barat menggelar aksi, memprotes penambangan pasir yang dituding menyebabkan kerusakan lingkungan, Selasa (12/10).

Massa membekali diri dengan berbagai poster berisi beragam tulisan. Di antaranya, Banjir Datang, Pangkalan Senang. Sekam (kami) Miwang (menangis) dan Stop Galian C


Dalam pernyataan sikapnya, Hermanto selaku orator menegaskan bahwa masyarakat yang terdampak aktivitas galian C di wilayah Pemangku Negeriratu Tengah meminta agar penambangan pasir tersebut ditutup.

“Jelas ada pelanggaran kesepakatan yang telah dibuat secara tertulis. Salah satunya masuknya alat berat (eskavator) di lokasi penambangan pasir ini,” tegasnya.

Padahal, terus Hermanto, sebelumnya masyarakat dan pengelola galian C telah membuat dua kali kesepakatan. Pertama pada 19 April silam.

Baca Juga:   DBH Cukai Hasil Tembakau Diprioritaskan untuk Bidang Kesehatan

Kesepakatan diketahui Pemerintah Kecamatan Sukau dan Peratin Buay Nyerupa serta ditandatangani di atas materai oleh pengelola tambang galian C.

Bahwa pihak pengelola bersedia untuk segera mengeluarkan alat berat eskavator dari lokasi penambangan. Jika dilanggar, akan diberi tindakan lebih lanjut.




  • Bagikan