Warga Jagabaya Minta TPS Dipindah, Ini Tanggapan Lurahnya

  • Bagikan
Petugas UPTD Kebersihan Wayhalim memuat sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Jalan Belia RT 07, Lingkungan 2, Kelurahan Jagabaya II, Wayhalim, Bandarlampung, Jumat (25/10). Foto Aprohan Saputra/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Lurah Jagabaya II merespon permintaan warga agar Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Jalan Belia RT 07, Lingkungan 2, Kelurahan Jagabaya II, Wayhalim, Bandarlampung, dipindah.

Lurah Jagabaya II Bahril mengetahui keluhan warga tersebut dan dirinya juga tengah memikirkan solusi terbaik agar TPS tersebut dapat dipindah ke lokasi lainnya. Namun, dirinya belum berhasil menemukan tempat yang cocok untuk lokasi pemindahannya.

“Saat ini belum ada gambarannya buat dipindah kemana. Kalau ada gambarannya, mungkin hari ini juga saya bakal pindahkan. Tapi yang ditakutkan kita pindahkan justru jangan sampai ada konflik lagi. Kita pindahkan, entar malah ada konflik lagi dari warga lainnya,” kata Bahril saat ditemui di kantornya, Jumat (25/10).

Untuk itu, Bahril menyatakan terlebih dahulu akan menjajaki problem tersebut bersama sepuluh ketua RT yang ada di sana. Bahkan, saat ini dirinya mengaku bingung akan dipindahkan ke lokasi yang mana. “Permasalahan ini turun-temurun tiga lurah, tetap tidak selesai  juga,” imbuhnya.

Sambil mencari lokasi yang tepat, sambungnya, untuk tahap saat ini pihaknya akan melakukan perapihan TPS yang ada. “Sementara warga bersabar, sebab mencarikan tempat baru untuk TPS sulit, nanti akan saya buatkan agar aliran tidak menyebar ke pemukiman warga,” tandasnya.

Diungkapkannya, bahwa keberadaan TPS sekira sejak 2002 yang memang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah bagi warga sekitar. “Cuma memang dahulu sekitar sana belum padat pemukiman seperti saat ini,” imbuhnya. 

Selain itu, dirinya berjanji akan selalu berkoornasi dengan Kepala UPTD Kebersihan Wayhalim untuk mengakut sampah setiap hari. “Saya minta ke UPTD kebersihan agar jangan sampai warga mengeluh sampah baru diangkut,” pungkasnya.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, sejak diberitakan media TPS di Jalan Belia RT 07, Lingkungan 2, Kelurahan Jagabaya II, Wayhalim, Bandarlampung sangat bersih dari biasanya. Namun, meskipun sampah bersih diangkut ke TPA, ketika Radarlampung.co.id berada di lokasi, bau tak sedap menyengat masih tercium dari jarak kurang lebih 10 meter. (apr/kyd)


Baca Juga:   Bansos Beras PPKM Darurat Mulai Disalurkan


  • Bagikan