Warga Keluhkan Luapan Air Drainase Jalan Merdeka, Camat Akan Usulkan Pengerukan


Pendangkalan di drainase Jalan Merdeka, Kotaagung, Tanggamus menyebabkan air meluap ke jalan saat hujan turun. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Warga Kecamatan Kotaagung, Tanggamus  mengeluhkan kerap meluapnya air dari drainase di sepanjang Jalan Merdeka. Pasalnya kondisi ini menyebabkan kendaraan kerap kesulitan saat melintas jalan dua jalur tersebut.

Seperti disampaikan Joni Yusda, salah seorang warga Kotaagung. Menurut dia, sudah seharusnya saluran drainase sepanjang Jalan Merdeka mendapat perhatian para pihak terkait.





“Saluran siring saat ini sudah sangat dangkal. Bahkan ada beberapa titik di sepanjang Jalan Merdeka, yang kedalaman siringnya hanya sekitar selutut kaki orang dewasa,” kata Joni kepada Radarlampung.co.id.

Kondisi tersebut menyebabkan air meluap ke jalan dua jalur saat hujan. “Sebab saat hujan, debit air dari bagian hulu sangat deras. Akibatnya siring tidak mampu menampung volume air yang masuk. Arus air deras tersebut meluap kebadan jalan,” terangnya.

Untuk itu, sambung Prayoga, warga lainnya, diharapkan para pihak terkait dapat menindak lanjuti hal tersebut. “Seperti melakukan pengerukan agar saluran dalam. Tidak dangkal seperti saat ini,” tuturnya.

Apalagi, lanjut Prayoga, akhir tahun 2021 lalu, saluran drainase Jalan Merdeka telah menelan korban. Seorang bocah hanyut di saluran drainase.

Terpisah, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra ketika dikonfirmasi Radarlampung.co.id, Minggu (20/2), merespon positif harapan warga tersebut.

Menurut dia, pihaknya akan coba mengajukan usulan kepada BPBD untuk mengeruk drainase. Dengan begitu saluran tidak dangkal dan dapat menampung volume air yang masuk.

“Air meluap ke jalan, karena terjadi pendangkalan pada siring. Untuk itu akan coba diusulkan pengerukan guna mengurangi pendangkalan,” pungkas Erlan Deni Saputra. (ehl/ais)