Warga Membeludak, Petugas Disdukcapil Kewalahan


Warga yang mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesawaran membeludak. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesawaran kewalahan melayani permintaan administrasi kependudukan. Khususnya perekaman dan cetak dokumen.

Ini disebabkan membeludaknya warga yang datang pada hari pertama masuk kerja pasca libur Hari Raya Idul Fitri dan terbatasnya loket pelayanan, Senin (9/5).





Dari pantauan di lokasi, ratusan warga berdesakan menunggu pelayanan. Lainnya duduk di lantai karena kursi tunggu sudah penuh. Sebagian besar adalah anak muda.

Kepala Disdukcapil Pesawaran Pauzan Suaidi mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Bahkan jika memungkinkan, pelayanan akan dibuka hingga malam hari.

Warga yang mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesawaran membeludak. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

“Ramainya masyarakat yang mengurus adminduk karena pelayanan yang tutup selama satu minggu. Banyak warga membutuhkannya untuk melamar kerja dan pelajar yang baru saja lulus untuk mendaftar kuliah,” kata Pauzan, Senin (9/5).

Baca Juga:   Pemkab Kotawaringin Barat Studi Penerapan TTG Pengolahan Batang Sawit di Pesawaran

Ia mengakui bahwa peralatan di Disdukcapil Pesawaran terbatas. Untuk alat rekam dan cetak yang ada sudah usang serta sering terjadi gangguan. Ini menyebabkan pelayanan tertunda dan memakan waktu yang cukup lama.

“Salah satu kendala adalah peralatan yang ada sudah tua dan sering mengalami perbaikan. Alat perekaman hanya ada dua. Jika dipaksa, alatnya tidak mampu untuk bekerja secara maksimal,” pungkasnya. (ozi/ais)