Warga Temukan 2 Mortir Aktif


RADARLAMPUNG.CO.ID – Warga jl. Yos Sudarso, Bumi Waras, Bandarlampung dikejutkan dengan penemuan UXO atau bom militer jenis mortir.

Benda yang disebut-sebut masih aktif tersebut ditemukan tiga orang anak di sebuah lahan kosong. Penemuan tersebut langsung diserahkan kepada Polsek Telukbetung Selatan.





Hal tersebut dibenarkan Kapolsek Telukbetung Selatan, Kompol Hari Budianto saat ditemui di Mapolsek Telukbetung Selatan, selasa (25/1).

“Saat itu kita mendapatkan laporan ditemukannya sebuah benda berbentuk seperti peluru yang ditemukan oleh warga di sana,” katanya.

Usai mengamankan mortir tersebut, pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan unit Jibom Gegana Satbrimob Polda Lampung.

Di samping itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polsek Tanjungkarang Barat. Sebab disaat yang bersamaan, warga Perumahan Bilabong Jaya, Langkapura, Bandarlampung juga menemukan sebuah mortir.

Benda itu kabarnya ditemukan di pantai Mutun, Pesaran, Lampung. “Untuk saat ini, kedua benda tersebut telah dimusnahkan secara bersamaan oleh unit Jibom Gegana Satbrimob Polda Lampung,” tandasnya.

Atas peristiwa ini, Hari Budianto juga menghimbau kepada masyarakat, jika ikut menemukan benda seruoa agar dapat langsung melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib.

“Warga dapat melaporkan hal itu ke Bhabinkamtibmas, karena mereka merupakan perpanjang tanganan kita di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Lampung, Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto, melalui Kasubden Jibom, AKP Mantun Manik juga mengungkapkan hal serupa.

Dia mengatakan, kedua UXO yang ditemukan warga di tempat berbeda tersebut langsung diamankan pihak Polsek setempat. Menurutnya, dua barang bukti bom militer yang ditemukan warga tersebut dapat dikategorikan aman.

“Namun untuk mengurangi resiko, maka untuk sementara kita mengevakuasi dan mengamankan barang bukti tersebut ke Polsek Tanjungkarang Barat dan Polsek Telukbetung Selatan sebelum pelaksanaan pendisposalan,” jelasnya. (Ega/yud)