Warga yang Mudik Diimbau Pasang CCTV di Rumah

  • Bagikan

radarlampung.co.id –  Pencurian di rumah warga yang ditinggal mudik menjadi salah satu kerawanan yang diantisipasi oleh polisi. Polisi mengimbau masyarakat yang mudik agar memasang CCTV di rumah.

“Memasang CCTV, ini juga kita imbau supaya dipasang di rumah masing-masing. Dengan CCTV kita bisa memantau situasi di rumah dan kita bisa sama-sama melakukan pengawasan. Jadi kalau ada apa-apa bisa segera melaporkan kepada polisi sehingga kepolisian dan unsur-unsur lainnya bisa segera datang ke tempat itu,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2018 di kantornya, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jaksel, Rabu (6/6).

Di sisi lain, Polres Metro Jaksel juga membentuk Satgas Rumsong (rumah kosong). Tim ini akan melakukan patroli menyentuh ke perumahan-perumahan penduduk.

“Tidak hanya rumah-rumah mewah, rumah masyarakat lainnya juga kita lakukan patroli dari polsek masing-masing. Yang mau mudik ini kan tentunya banyak, pemukiman yang banyak ditinggal penghuninya kan banyak,” lanjutnya.

Pemudik diimbau untuk menitipkan rumahnya kepada pihak RT atau tetangga yang dipercaya. “Sebelum mereka berangkat, dari saat, kita sudah sosialisasikan memang agar masyarakat yang akan meninggalkan rumah harus menitipkan kunci kepada orang yang dipercaya, apakah itu RT, RW, ataupun sanak saudara yang tidak mudik,” sambungnya.

Untuk menghindari kebakaran, pemudik diimbau untuk memperhatikan listrik dan kompor gas sebelum berangkat. “Pastikan kabel-kabel listrik yang kira-kira bisa menimbulkan konsleting itu dicabut, kompor jangan lupa dimatikan,” imbuhnya. (dtc/ynk)




  • Bagikan