Waspada Bencana, BPBD Tanggamus Kirim Edaran ke Kecamatan


EDIYAN M. TOHA

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus terus menyosialisiasikan kewaspadaan bencana kepada kecamatan dan pekon. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan langkah pencegahan dan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Terutama saat memasuki musim hujan.

Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Toha mengatakan, pihaknya mengirimkan surat edaran ke kecamatan, agar diteruskan dengan mengimbau dan mengingatkan warga yang berada di daerah rawan bencana alam. Di antaranya, warga yang bermukim tidak jauh dari sungai, pegunungan, lembah, pantai dan lainnya .





”Selain itu, kami juga telah mengimbau warga agar tidak membuang sampah di parit, drainase, dan siring saluran air. Sebab hal tersebut bisa mengakibatkan saluran air mampet atau tersumbat. Dampaknya, menyebabkan banjir,” kata Ediyan kepada Radarlampung.co.id, Rabu (20/11).

Dilanjutkan, sebagai daerah yang rawan bencana, ke depan BPBD akan mengusulkan penambahan alat berat eskavator kepada pemerintah pusat. Saat ini, kabupaten itu baru memiliki satu alat berat.

”Idealnya, dengan luas wilayah yang ada, Tanggamus minimal memiliki 3-4 alat berat eskavator,” ujarnya.

Jika Tanggamus sudah memiliki setidaknya tiga alat berat, maka akan ditempatkan di darah rawan bencana. Di antaranya Kecamatan Cukuhbalak, Semaka dan Kotaagung. (ehl/ais)