Waspada Bencana saat Puncak Musim Hujan!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung meningkatkan kewaspadaan bencana hidrometereologi yang berpotensi terjadi saat puncak musim hujan.

“Kita saat ini melakukan peningkatan siaga. Mulai dari mempersiapkan personel, sarana dan prasarana yang dimiliki, agar siap digunakan saat dibutuhkan nantinya,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung Sutarno, Senin (14/12).


Menurut Sutarno, meski meningkatkan kesiagaan, belum ada penambahan sarana dan prasarana. Saat ini pihaknya fokus pemetaan wilayah-wilayah yang berpotensi bencana alam.

“Wilayah yang menjadi titik fokus dalam menanggulangi dampak bencana hidrometereologi seperti Telukbetung Selatan, Kedamaian, Telukbetung Timur, Rajabasa, Panjang,” ungkapnya.

Sementara, Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengungkapkan, puncak musim hujan  di Lampung diperkirakan terjadi awal Januari dan Februari 2021.

Baca Juga:   BPBD Lampura, Waspadai Tiga Jenis Bencana Alam Ini

“Untuk Desember ini, intensitas hujan, khususnya Bandarlampung lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Jika dilihat dari rata-rata per 30 tahunan, hal ini masih normal dan aman. Puncak musim hujan sendiri nanti pada Januari dan Februari,” kata Rudy.

Dilanjutkan, melihat dari topografi, wilayah Lampung memiliki potensi terdampak seperti banjir dan banjir bandang, longsor. “Potensi hampir di setiap kabupaten/kota,” ujarnya.

“Kalau yang diprediksi terdampak, antara lain Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat dan Waykanan. Jadi imbauan kami selalu waspada terhadap kemungkinan yang ada,” tegasnya. (mel/ais)




  • Bagikan