Waspada Bencana untuk Masyarakat di Daerah Ini!


ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bencana banjir, rob dan tanah longsor berpotensi terjadi pada beberapa wilayah di Pesawaran saat musim hujan. Karena itu warga diminta mengetahui dan memahami jalur evakuasi serta titik kumpul jika terjadi bencana.

“Kita sudah berkirim surat kepada uspika dan kepala desa agar waspada terhadap bencana banjir, rob dan tanah longsor. Karena saat ini intensitas hujan sudah mulai tinggi,” kata Kepala BPBD Pesawaran Mustari, Jumat (25/12).





Menurut Mustari, puncak musim hujan diperkirakan Februari mendatang. Di mana, daerah pesisir seperti Kecamatan Telukpandan, Padangcermin, Margapunduh, dan Punduhpedada merupakan wilayah yang harus diwaspadai terhadap bencana banjir, rob, maupun tsunami.

“Kemudian Kecamatan Wayratai berpotensi longsor. Di mana, topografi wilayah lereng yang rawan. Termasuk juga Waykhilau dan Waylima, berpotensi banjir,” ujarnya.

Dilanjutkan, Pemkab Pesawaran secara bertahap membangun retaining wall, talud, bronjong serta normalisasi sungai.

“Paling tidak, potensi banjir tidak terlalu signifikan karena perbaikan sejumlah infrastruktur, normalisasi, dan saluran air,” tandasnya. (ozi/ais)