Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan!

  • Bagikan
Hujan yang mengguyur Bandarlampung dan sekitarnya dimanfaatkan oleh anak-anak dengan menawarkan jasa ojek payung untuk mencari penghasilan tambahan. Diperkirakan cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang dan kilatan petir terjadi selama tiga hari ke depan. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang dan kilatan petir diprediksi bakal terjadi di sejumlah wilayah di Lampung. Masyarakat diminta selalu waspada terhadap kemungkinan yang terjadi.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, dilihat dari dinamika atmosfer SOI: +10.9 (signifikan >= +7) -> suplai uap air bergerak dari Pasifik Timur ke Pasifik Barat. Aktivitas potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia Timur dan Barat.

“Aliran massa udara dingin ke wilayah Indonesia bagian Barat tidak signifikan. Belokan angin dan konvergensi untuk angin di sebagian besar wilayah Lampung secara umum bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 5- 20 Knot,” kata Rudy, Kamis (10/12).

Baca Juga:   Bantuan Beras 6.767 Ton Disalurkan, Bandarlampung Didahulukan

Hal itu menyebabkan peningkatan potensi kecepatan angin pada malam hari di wilayah Pesisir Barat, Selatan dan Timur Lampung SST anomali.

Ada potensi penguapan atau penambahan massa uap air di perairan Samudera Hindia sebelah Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan Lampung hingga Laut Jawa sebelah Timur Lampung.

“Secara umum wilayah Lampung dalam tiga hari ke depan diprakirakan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Wilayah yang berpotensi hujan lebat dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang,” ungkapnya.

Wilayah yang diprediksi akan dijumpai oleh cuaca ekstrem ini adalah Lampung Selatan, Bandarlampung, Waykanan, Lampura, Lampung Tengah, Mesuji, Tuba serta Tubabar pada siang, sore dan malam hari.

Baca Juga:   Ratusan Warga Geruduk Gerai Vaksinasi Pizza Hut

Kemudian Tanggamus, Pesawaran dan Lampung Timur pada siang, sore serta malam hari. (mel/ais)

 




  • Bagikan