Waspada Dampak Cuaca Ekstrem Hingga Esok Hari

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem akibat sirkulasi siklon tropis Odette hingga esok hari.

Kepala BMKG Maritim Lampung Andi Cahyadi mengatakan, saat ini siklon tropis Seroja yang terjadi kemarin hingga menimbulkan beberapa dampak di wilayah Lampung masih berada di Samudera Hindia. Pergerakannya ke arah Barat Daya semakin menjauhi wilayah Indonesia.

“Kecepatan angin maksimum siklon tropis Seroja sekitar 40 knot (75 km/jam). Sementara, bibit siklon 90S yang sejak tanggal 2 April 2021 muncul bersamaan dengan bibit siklon cikal bakal siklon Seroja saat ini (Jumat, 9/4 pukul 07.00 WIB) telah tumbuh menjadi siklon tropis Odette di Samudra Hindia,” kata Andi Cahyadi, Jumat (9/4).

Baca Juga:   Tingkatkan PAD Sektor PBB, Pemkot Ajak Taat Pajak Dimulai dari ASN

Menurut Andi, kecepatan angin maksimum pada pusat sirkulasi siklon tropis Odette mencapai 45 knot (sekitar 80 km/jam) dan tekanan udara di pusat sirkulasinya 990 hPa.

“Dalam 24 jam ke depan, diperkirakan siklon tropis Odette akan terus bergerak ke arah Selatan-Barat Daya menjauhi wilayah Indonesia dengan intensitas yang cenderung melemah,” ungkapnya.

Meski begitu, keberadaan siklon tropis Seroja dan siklon tropis Odette dalam 24 jam ke depan ini memberikan dampak tidak langsung berupa potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat dalam 24 jam ke depan. (mel/ais)

 

 



  • Bagikan