Waspada Dampak Cuaca Ekstrem!

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi cuaca buruk masih terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Masyarakat diminta selalu waspada terhadap dampak yang ditimbulkan. Seperti angin kencang hingga kembalinya puting beliung di Provinsi Lampung.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, angin secara umum bertiup dari arah  Barat-Utara dengan kecepatan antara 3-15 knot (5-28 Km/jam).

Kemudian jarak pandang berkisar antara 3-10 km. “Suhu Udara secara umum berkisar antara 23,0 °C-32,0 °C. Kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus dan Pesisir Barat), berkisar antara 17,0 °C-30,0 °C,” kata Rudy, Selasa (9/2).

Sementara kelembaban udara secara umum berkisar antara 60%-98%. Kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 70%-98%.

Baca Juga:   Bandarlampung Pertahankan Penghargaan KLA Kategori Madya

“Pagi hari diprakirakan berawan. Kemudian sore dan malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat untuk di beberapa wilayah,” ungkapnya.

Meski demikian pihaknya tidak bisa memprediksi peristiwa angin puting beliung yang terjadi pada beberapa wilayah seperti Waykanan, Lampung Tengah, Pesawaran dan Tanggamus akan terjadi kembali.

“Jadi pergerakan awan bergantung pada kecepatan anginnya. Ketika kecepatan angin kencang, dimungkinkan awan-awan itu lewat saja. Tapi, ketika ada perlambatan angin dan udara yang panas, perlu berhati-hati,” tegasnya. (mel/ais)

 

 




  • Bagikan