Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Lampung!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi disertai angin kencang. Diperkirakan akan terjadi selama beberapa hari ke depan pada sejumlah perairan di Lampung.

Kepala BMKG Maritim Lampung Andi Cahyadi mengatakan, terdapat Siklon Tropis Goni (1002 hpa) di perairan Barat Filipina yang memberikan dampak tidak langsung terhadap tinggi gelombang di laut Natuna Utara.



Pola angin di wilayah Indonesia pada umumnya bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di laut Natuna, Selat Makasar bagian Selatan dan oerairan Utara Papua. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut,” kata Andi Cahyadi, Selasa (3/11).

Tinggi gelombang 1,5-4 meter akan mendatangi perairan Samudera Hindia Barat hingga Lampung pada 3-5 November.

“Untuk itu, harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,” tegasnya.

Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terkait gelombang atau ombak tinggi. Mengingat beberapa waktu lalu sempat ada pemuda-pemudi yang terseret ombak saat berada di pantai Sebalang.

“Jadi dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi,” pungkasnya. (mel/ais)






  • Bagikan