Waspada, Gelombang Tinggi di Perairan Lampung

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, kembali mengimbau kepada masyarakat, agar dapat waspada terhadap potensi gelombang tinggi diperairan Lampung.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto mengatakan, stasiun Meteorologi Maritim Panjang dari tanggal 14 hingga 15 September sudah mengeluarkan warning disekitaran perairan Lampung akan potensi gelombang laut akibat dari Kecepatan Angin.


“Kalau gelombang sedang 1,25 – 2,5 meter itu terjadi diteluk Lampung bagian Selatan, sedangan tinggi gelombang 2.5 hingga 4 meter itu berpotensi terjadi diperairan barat Lampung Tanggamus dan selat Sunda bagian barat,” ungkap Rudi, kepada radarlampung.co.id, Selasa (14/9)

Sedangkan gelombang laut yang masuk Kategori Ekstrim, yakni 4 hingga 6 meter itu berpotensi terjadi di samudera Hindia Barat Lampung Seperti Pesisir Barat.

Baca Juga:   SPPN VII Susun Draft Perjanjian Kerja Bersama Periode 2022-2023

“Peringatan memang sudah kita keluarkan dari tanggal 14 hingga 15 September 2021. Tapi, diprediksi untuk tiga hari kedepan. tinggi gelombang masih cukup tinggi di perairan Lampung,” ujarnya.

Untuk itu, perlu diwaspadai kapal-kapal kecil terhadap gelombang tinggi atas keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan.

“Kami menghimbau nelayan kecil atau sederhana untuk waspada dan memperhitungkan baik kapal maupun kondisi cuaca karena berpotensi gelombang tinggi ini di perairan Lampung.

Sedangkan perkiraan Hujan hingga tiga hari ke depan, masih akan terjadi. Baik ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi disemua wilayah di provinsi Lampung.

“Makanya, kami menghimbau kepada masyarakat selalu waspada,” Pungkasnya. (muk/yud)




  • Bagikan