Waspada! Kawanan Gajah Mengarah ke Wilayah Tanggamus


Salah seekor gajah yang terpantau petugas gabungan belum lama ini. Saat ini dua kelompok gajah bergabung dengan jumlah 18 ekor. FOTO DOKUMEN TNBBS RESORT SUOH

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 17 ekor gajah dengan habitat asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) bergerak ke Resort Sukaraja, Tanggamus.

Sebelumnya, kawanan hewan berbelalai ini sudah sekitar dua bulan terakhir meneror warga Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS), Lampung Barat.





Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengatakan, saat ini kawanan gajah berada di sekitar Gunung Asahan. Kawasan ini merupakan habitat asli dari kelompok gajah yang salah satunya diberi nama Bunga tersebut.

”Sudah berada di Gunung Asahan, masuk dalam Resort Sukaraja, Tanggamus. Kalau jarak dari pemukiman, sekitar dua kilometer, sehingga masih sangat berpotensi kembali,” kata Sulki mewakili Kepala TNBBS Bidang Wilayah II Liwa Amri, Senin (27/9).

Mengingat kawanan gajah tersebut masih berpotensi kembali, terus Sulki, pihaknya tetap melanjutkan patroli. Termasuk blokade. Harapannya, belasan gajah ini terus menjauh dan tidak lagi mendekati lahan garapan warga. Apalagi mendekati pemukiman.

”Patroli dan blokade terus dilakukan. Karena (kawanan gajah) masih memungkinkan kembali. Untuk blokade dilakukan pada beberapa tempat yang berpotensi dilintasi gajah. Ini melibatkan masyarakat, aparat pemerintahan kecamatan dan pekon, kepolisian dan TNI. Alhamdulillah, sejauh ini koordinasi terjalin sangat baik,” ucapnya. (nop/ais)