Waspada! Penipuan Modus Pemberian Beasiswa Pandemi

  • Bagikan
Salah satu orang tua saat menanyakan terkait penipuan dengan modus memberikan beasiswa kepada siswa yang orang tuanya terdampak pandemi virus Corona. FOTO DOKUMEN SMPN 1 BANDAR LAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Waspada bagi orang tua siswa yang menerima telepon dari nomor tidak dikenal. Bisa jadi ini penipu yang mencoba mencari keuntungan saat pandemi virus Corona.

Seperti dialami Mirza (43), orang tua siswa di SMPN 1 Bandarlampung. Ia mengaku dihubungi orang tidak dikenal dan mengaku sebagai staf sekolah.


Si penelepon mengatakan bahwa sekolah akan memberikan beasiswa sebesar Rp2,7 juta. Namun orang tua siswa harus memenuhi sejumlah persyaratan.

“Dia (penelepon, Red) suruh untuk segera menghubungi Kepala SMPN 1 terkait bantuan beasiswa. Lalu memberikan nomor 085394714847 yang diakui punya kepala sekolah. Lalu saya menghubungi nomor itu dan dikasih tahu kalau anak saya dapat beasiswa,” kata Mirza, Selasa (24/8).

Baca Juga:   34 Peserta Tes SKD CASN Tanggamus Tidak Hadir, Satu Isoman

Mirza mengungkapkan, beasiswa tersebut adalah bantuan dari pusat kepada para siswa yang orang tuanya terdampak pandemi virus Corona. Dananya sudah ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandarlampung.

“Kata si penipu, uangnya sudah ada. Tinggal dikirim. Tapi, sebelum dikirim, saya diminta untuk ke ATM, sambil memberikan nomor rekening. Dia minta transfer (untuk administrasi),” ujarnya.




  • Bagikan