Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Lampung (BMKG) memprediksi hujan deras dengan intensitas ringan terjadi di seluruh wilayah Lampung.

Ini dipengaruhi angin Monsun Australia yang semakin menguat. Dampaknya, cuaca ekstrem berpotensi dalam tiga hari ke depan.


Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto, angin Monsun Australia semakin menguat di wilayah Indonesia, terutama di Lampung.

“Hal ini dikarenakan tidak terdapat pola gangguan cuaca signifikan di sekitar wilayah Lampung. Madden-Julian Oscilation (MJO) atau gelombang atmosfer di wilayah tropis yang tumbuh dan berkembang di Samudera Hindia berada pada kuadran dua, sehingga memengaruhi pembentukan awan di wilayah Lampung,” kata Rudy, Senin (15/6).

Baca Juga:   Tidak Ada Kerusakan Akibat Gempa

Dari analisa OLR (energi rendah infrared), hingga lima hari ke depan diprediksi ada peningkatan tutupan awan di wilayah Lampung. Dampak dari aktifnya MJO dan untuk 15 hari ke depan berpotensi normal.

“Kelembapan udara di lapisan 700 dan 500mb masih dalam kondisi basah untuk tiga hari ke depan, sehingga mendukung untuk terjadi pertumbuhan awan-awan hujan,” ungkapnya.

Untuk itu, Rudy meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulangbawang, dan Mesuji.

Lalu sore hari di wilayah Lampung Selatan, Bandarlampung, Tanggamus, Pesawaran, dan Pringsewu. (mel/ais)




  • Bagikan