Webinar Literasi, Fauzi Hasan Sampaikan Gerakan Literasi Sekolah di Tubaba

  • Bagikan

radarlampung.co.id-Melalui video teleconference (vicon) di ruang kerjanya, Wakil Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Fauzi Hasan, SE, MM mengikuti Web- Seminar (Webinar) Simpul Literasi se-Provinsi Lampung 2020 dengan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag, Kamis (18/6/2020).

Dalam seminar bertema “Bersama Mewujudkan Lampung Sebagai Provinsi Literasi” tersebut, Wakil bupati menjadi salah satu narasumber. Ada beberapa hal yang disampaikannya, diantaranya yakni tentang program mobil dan bentor perpustakaan dalam gerakan literasi sekolah di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.


Bahkan menurutnya, gerakan ini juga didukung para Guru Penggerak Kabupaten Tubaba yang selalu aktif menjalankan tugas ikut memajukan dunia pendidikan. Tidak hanya itu, lanjutnya, di Tubaba juga telah dibangun Smart Village Literasi Digital sebagai sarana membaca yang berisi buku-buku untuk anak-anak usia dini.”Yang jelas, kita harus membuat variasi-variasi bacaan agar anak-anak tidak bosan,”ungkapnya.

Baca Juga:   Usulkan Pembangunan Museum Pers di Tubaba

Namun menurutnya, hal itu tentu masih perlu didorong dengan upaya-upaya nyata lainnya demi menumbuhkan minat baca dan meningkatkan keterampilan membaca peserta didik.”Di Tubaba masih harus di bangun taman bermain dan taman membaca sebagai salah satu upaya memaksimalkan gerakan literasi tersebut. Tujuannya apa?, agar anak-anak juga gembira,”ulasnya.

Dengan begitu, imbuhnya, gerakan literasi sekolah yang memiliki tujuan menumbuhkan budi pekerti siswa agar memiliki budaya membaca dan menulis dapat berjalan optimal.  Namun disamping itu, gerakan ini juga harus didukung semua pihak, karena ini adalah upaya menyeluruh tidak hanya melibatkan peserta didik dan guru, tapi juga  orang tua dan masyarakat. (fei/rls)




  • Bagikan