Winarti Singgung Soal Pemekaran Kabupaten

  • Bagikan
Rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT Ke-24 Kabupaten Tulangbawang sekaligus HUT Ke-57 Provinsi Lampung, Sabtu (20/3). FOTO M. ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Terselip momen dalam rapat paripurna istimewa HUT Ke-24 Tulangbawang, Sabtu (20/3). Di mana, Bupati Winarti sempat menyinggung soal pemekaran kabupaten itu.

“Informasi pemerintah mencabut moratorium pemekaran daerah. Bersama rekan-rekan di DPRD (Tulangbawang), jika memungkinkan kita akan komunikasikan ini dengan pusat,” kata Winarti.


Sementara ditemui usai rapat paripurna, Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i belum bisa menjelaskan secara gamblang terkait kemungkinan pemekaran kabupaten itu.

Menurut dia, jika memang memungkinkan, hal tersebut tentu akan memakan waktu yang sangat lama dan butuh perjuangan yang keras.

“Kita (DPRD) belum mengusulkan. Tetapi masih menyampaikan hasil komunikasi dengan pusat bahwa moratorium sebetulnya sudah dicabut. Kalau itu benar, mungkin ada peluang untuk kabupaten yang ingin dimekarkan,” ungkapnya.

Baca Juga:   Lambar Waspadai Covid-19 Varian MU

Jika memang bisa melakukan pemekaran daerah, lanjutnya, tentu akan dapat memangkas rentang kendali, birokrasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Namun jangan salah, APBD juga harus dipikirkan. Tapi kalau kita dianggap mampu, kenapa tidak,” tegasnya.

Jika dilihat dari beberapa komponen pemekaran daerah, terus Sopi’i, Tulangbawang sudah memenuhi syarat.

Di antaranya minimal kecamatan lima. Sementara di Tulangbawang saat ini ada 15 kecamatan dengan 481 ribu warga.

Pada bagian lain, Wakil Ketua DPRD Tulangbawang Aliasan mengatakan, pemekaran kabupaten itu belum maksimal.

Menurut dia, Tulangbawang berbeda dengan daerah lain semisal Sumatera Selatan yang ada migas. “Tulangbawang murni hanya mengandalkan pendapatan asli daerah. Jadi menurut saya belum akan maksimal,” paparnya. (nal/ais)

Baca Juga:   Ini Kendala Testing Covid-19 di Lambar

Ketua DPRD Sopi’i bersama unsur pimpinan usai rapat paripurna istimewa HUT Ke-24 Tulangbawang, Sabtu (20/3). FOTO ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID




  • Bagikan