Wisatawan ke Bandarlampung Sentuh Angka 214.839 Kunjungan


Sekretaris Dinas Pariwisata Bandarlampung Dirmansyah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjelang akhir tahun 2018, kunjungan wisatawan, baik lokal maupun manca negara di Kota Bandarlampung mencapai 214.839 orang. Angka itu berdasarkan hasil pendataan Dinas Pariwisata (Dispar) Bandarlampung.

Tingginya angka kunjungan wisatawan sudah terlihat sejak pendataan semester pertama. Sekretaris Dispar Bandarlampung Dirmansyah, saat ditemui diruangannya mengatakan, pendataan pada semester pertama di tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan lokal atau nusantara sebanyak 213.274 orang.





“Dalam setahun kita lakukan pendataan jumlah kunjungan wiman (wisatawan manca negara) maupun wisnus (wisatawan nusantara) sebanyak 2 semester,  per semester yaitu setiap 6 bulan,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id di ruangnya.

Sementara untuk data jumlah kunjungan wisatawan pada akhir tahun ini,  masih dalam proses. Menurutnya dalam hal pendataan dinas setempat berkoordinasi dengan hotel atau penginapan yang ada di Kota Tapis Berseri.

“Sampai dengan data pada semester 1 tahun ini,  untuk jumlah wisman sebanyak 1.565 orang adalah yang terbanyak,  jika dibandingan dengan akhir semester 2 pada tahun lalu hanya sebanyak 1.612,” ungkapnya.

Begitu juga pada jumlah kunjungan wisnus tahun 2017 hanya sebanyak 118.350 orang. Dan sampai pada akhir semester 1 tahun 2018 ini jumlah kunjungan wisnus di Bandarlampung telah mencapai 213.274 orang.

“Ini menandakan belum sampai akhir pendataan di semester 2 pada tahun ini jumlah kunjungan baik wisnus maupun wisman di Bandarlampung lebih banyak dari tahun lalu,” ungkapnya. (pip/sur)