Wisuda 221 Mahasiswa, Rektor ITERA Tekankan Kreativitas dan Inovasi

  • Bagikan
Perwakilan wisudawan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang hadir di Aula Lantai 4 GKU ITERA. Pada Sabtu (20/3), ITERA mewisuda sebanyak 221 mahasiswa dalam Wisuda Periode ke 7 yang diselenggarakan secara dalam jaringan. Foto rima/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mewisuda sebanyak 221 mahasiswa dalam Wisuda Periode ke 7 yang diselenggarakan secara dalam jaringan (daring), Sabtu (20/3).

Dalam wisuda kali ini, diikuti Wisudawan lulusan Program Studi Fisika sebanyak 14 orang, Prodi Matematika 4 orang, Arsitektur 12 orang, Perencanaan Wilayah dan Kota 49 orang, Teknik Geomatika 19 orang, Teknik Lingkungan 9 orang, Teknik Sipil 19 orang, Teknik Elektro 20 orang, Teknik Informatika 22 orang, Teknik Geologi 5 orang dan Teknik Geofisika 48 orang.


Rektor ITERA, Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.SC., Ph.D., dalam pidatonya berpesan, agar para lulusan ITERA dapat mengambil peran untuk turut serta membangun daerah, khususnya Sumatera. Sebab wisuda yang dilaksanakan merupakan langkah awal menapaki anak tangga kehidupan selanjutnya bagi para alumni itera.

“Jika sebelumnya saudara-saudara bersusah-payah hanya untuk meraih nilai terbaik, kini saudara dituntut untuk memaksimalkan kemampuan, potensi, dan keahlian yang didapat selama kuliah untuk memajukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera dan Bangsa Indonesia pada umumnya,” ungkap Prof Ofyar.

Baca Juga:   Selamat! Rektor IIB Darmajaya Resmi Sandang Gelar Doktor

Dirinya juga meminta agar para wisudawan mau kembali ke kampung halaman untuk membangun daerah asal masing-masing. Sebab banyak potensi daerah yang menunggu tangan-tangan terampil untuk dikembangkan. “Siapa lagi yang mau dan mampu mengembangkan potensi tersebut kalau bukan putra-putri daerahnya,” ujarnya.

Untuk itu, Rektor berharap lulusan ITERA juga kreatif fan tidak pernah menyerah dalam berinovasi. Sebab, sebagai lulusan perguruan tinggi yang fokus di bidang sains dan teknologi, alumni ITERA harus mampu berinovasi guna menciptakan teknologi baru atau memberikan masukkan sesuai bidang keilmuwan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan di setiap sendi kehidupan masyarakat.

“Jika ini dilaksanakan dengan serius, ditambah kemampuan hardskill dan softskill yang mumpuni, saya optimistis lulusan Institut Teknologi Sumatera tidak hanya sukses di dunia kerja tetapi juga kelak mampu membuka lapangan kerja,” kata Ofyar.

Baca Juga:   Dosen Tetap FK Unmal Prof Taruna Ikrar Raih ICMI Award Bidang Teknologi Kesehatan

Dalam wisuda periode ke-7 ini, wisudawan terbaik pertama diraih oleh Rivaldo Fernandes lulusan Program Studi Teknik Informatika dengan IPK 3.81, terbaik kedua diraih Shinta Puspita Sari asal Program Studi Matematika dengan IPK 3.80, dan wisudawan terbaik ketiga diraih oleh Yenci Brika Enkekes lulusan Program Studi Matematika dengan IPK 3.78. Ketiga wisudawan terbaik dalam wisuda kali ini adalah mahasiswa penerima beasiswa Provinsi Lampung.

Dalam kata sambutan mewakili wisudawan, Rivaldo Fernandes mengungkapkan harapannya bagi dirinya dan rekan-rekannya yang baru saja diwisuda agar bisa terus sukses kedepannya.

“Setelah ini, ada tanggung jawab yang mesti diemban oleh setiap lulusan ITERA, dimana bukan hanya karir yang cemerlang akan tetapi bagaimana memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Maka semoga kita selalu diberikan kemudahan dan kelancaran,” jelasnya dalam sambutan. (rma/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan