Yayasan Al Kautsar Buka PMB Kelas Plus SMP dan SMA

  • Bagikan
Yayasan Al Kautsar melayani PMB offline dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Senin (18/1). Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-SMA dan SMP Al Kautsar mulai membuka penerimaan murid baru (PMB) untuk jalur unggul dan jalur plus mulai hari ini (18/1) hingga 19 Februari 2021 mendatang.

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan pada PMB tahun ini, jalur kelas unggul dan plus dibuka berbarengan. “Pendaftaran dapat dilakukan secara online di web pmb.alkautsarlampung.sch.id:8084,” ujar Eko, Senin (18/1).

Eko melanjutkan, persyaratan untuk kelas unggul dan plus diantaranya melampirkan fotokopi rapor SMP/MTs kelas VII (semester I dan II), VIII (semester I dan II), dan IX (semester I) yang telah dilegalisir. Dengan nilai mata pelajaran yang ditentukan minimal 7,75.

“Nilai rata-rata untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam, IPA, IPS, matematika dan Bahasa Inggris tiap semester tidak boleh kurang dari 7,75,” tambahnya.

Baca Juga:   Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Wakili Indonesia di Berbagai Pertandingan Karate Nasional-Internasional

Selain itu, Syarat lainnya mengisi formulir pendaftaran, melampirkan pas foto hitam putih ukuran 3×4 dua lembar, fotokopi KK, fotokopi struk gaji orangtua, serta prestasi akademik dan nonakademik juara 1,2,3 minimal tingkat kota/kabupaten. “Semua berkas ini nanti dapat diupload melalui web pendaftaran online,” tutur Eko.

Bagi masyarakat yang benar-benar tidak bisa mendaftar secara online, dapat mendatangi sekretariat PMB Al Kautsar di halaman belakang Kantor Yayasan Al Kautsar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, sarung tangan dan membawa pulpen sendiri.

Eko mengatakan untuk kuota kelas unggul dibuka satu kelas, begitu juga untuk kelas plus satu kelas.

Eko memaparkan beberapa program unggulan di SMA Al Kautsar, yaitu pesantren kilat, orientasi disiplin siswa, orientasi prestasi siswa, wisata ilmiah, homestay, program pengembangan agama Islam, serta program peningkatan prestasi akademik sekolah.

Baca Juga:   Tak Ada Pendidikan Pancasila dalam Mata Kuliah, Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa Dorong Perubahan PP 57/2021

Sementara, Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan jalur kelas unggul dan kelas plus SMP Al Kautsar juga dibuka secara berbarengan untuk mempermudah PMB di masa pandemi Covid-19.

“Pendaftaran kelas unggul dan plus SMP juga mulai dibuka hari ini sampai 19 Februari mendatang,” ujar Rudiyanto.

Persyaratan kelas unggul dan plus adalah melampirkan fotokopi rapor kelas IV, V, VI yang telah dilegalisir.

“Untuk nilai rata-rata pendidikan agama Islam, IPA, IPS, matematika dan Bahasa Indonesia tidak boleh kurang dari 7,75,” kata Rudiyanto.

Baca Juga:   Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa Dorong Pemerintah Revisi PP 57/2021

Pendaftar juga harus mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan pas foto hitam putih ukuran 3×4 dua lembar, fotokopi KK, fotokopi struk gaji orangtua, serta fotokopi piagam prestasi akademik atau nonakademik juara 1,2,3 minimal tingkat kecamatan. “Untuk kuota kelas unggul dan plus masing-masing satu kelas dengan jumlah siswa 32 orang per kelas,” kata Rudiyanto.

Rudiyanto menjelaskan, SMP Al Kautsar menerapkan Kurikulum 2013 yang diperkuat dengan pembelajaran tambahan seperti tahfizul quran, bahasa Inggris dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk memaksimalkan potensi, minat dan bakat siswa.

Selain itu, lanjut Rudi, SMP Al Kautsar juga memiliki kegiatan penunjang berupa pesantren kilat, masa pengenalan lingkungan sekolah, pemantapan disiplin siswa, studi wisata, serta outdoor study. (rma/rls/wdi)



  • Bagikan



Viral Polisi Terlantar di Merak, Brigadir Agus Dijemput Pulang Polda Lampung Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik