YBM PLN Berdayakan UMKM di Kampung Peninjauan, Ini Jenis Bantuannya

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Lampung, melalui program pemberdayaan ekonomi, menyerahkan bantuan peralatan produksi kolang-kaling kepada masyarakat melalui UMKM yang ada di Kampung Peninjauan Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandarlampung. Kampung Peninjauan merupakan penghasil kolang-kaling.

Ketua YBM PLN UID Lampung, Eki Putra mengatakan, pihaknya telah menyalurkan berupa peralatan kerja senilai Rp18.541.000 melalui program pemberdayaan usaha kolang kaling di Kampung Peninjauan, Kelurahan Sukarame 2 tersebut.

Eki menuturkan, pihaknya akan terus memantau dan mengevaluasi nilai manfaat dari santunan yang diberikan. Namun, bukan hanya manfaat secara langsung yang diberikan, YBM PLN juga mengedukasi masyarakat untuk dapat mengelola sampah kolang-kaling dengan baik sehingga sampah dapat menjadi barang yang bernilai ekonomi kembali.

Baca Juga:   Sampah Rumah Tangga dan Kayu Penuhi Sungai Way Semah

“Kedepan akan dilihat potensi pengelolaan sampah kulit kolang-kaling untuk dijadikan pupuk,” imbuhnya.

Rencananya, lanjut Eki, Kampung Peninjauan yang terdiri dari 3 RT dengan potensi 250 Kepala Keluarga, akan dijadikan desa percontohan sebagai Desa Tertib Listrik. Untuk mendukung hal tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendorong masyarakat disana untuk bermigrasi ke listrik prabayar.

Baca Juga:   Diprotes Warga, Kontainer Sampah Dipindah 

Eki Putra menambahkan, kegiatan YBM PLN lainnya yang dilaksanakan di penghujung tahun 2021 ini dan tersebar di Provinsi Lampung.

“Selain program pemberdayaan UMKM seperti di Kampung Peninjauan, YBM PLN juga menyerahkan santunan dhuafa, marbot,  guru ngaji dan beasiswa dengan total senilai Rp. 480 juta,” pungkasnya. (rur/rls/yud)






  • Bagikan