Yuk Dicoba Bund, Resep Bubur Candil Ketan Hitam untuk Berbuka Puasa

  • Bagikan
Foto sumber Instagram @Lusi_SSP

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setelah seharian berpuasa tubuh banyak kehilangan zat- zat penting dalam tubuh. Untuk itu, ketika berbuka puasa usahakan konsumsi makanan-makanan yang bisa menggantikan zat -zat penting dan energi yang hilang selama kurang lebih 13 jam berpuasa.

Salah satu menu berbuka adalah ketan hitam yang bisa dijadikan bubur. Selain rasanya yang nikmat dan manis, banyak manfaat dari ketan hitam. Salah satunya ketan hitam kaya akan protein. Sehingga bisa menjadi alternatif sumber protein nabati.

“Protein penting dalam membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang. Dan rasanya yang manis bisa mengembalikan energi yang berkurang selama kita berpuasa,” kata Lusiana Ika, Pemilik dapur bricel.

Baca Juga:   Awas, Jangan Coba-Coba Timbun Obat dan Oksigen Medis !

Pemilik akun instagram @Lusi_SSP ini pun berbagi resep membuat bubur candil ketan hitam sehingga anda bisa berbuka puasa bersama dengan yang tercinta dirumah. Selamat mencoba ! (gie/wdi)

 

Bahan-bahan (untuk 2 porsi)

-40 gr tepung ketan hitam

-10 gr tepung beras

– garam Sejimpit (secukupnya)

-50 ml air hangat

-60 gr gula aren

-350 ml air

-30 ml santan kental

Sejimpit garam

-1 sendok teh  tepung tapioka

– Daun pandan, simpulkan

 

Cara membuat : 

-Panaskan 350 ml air, masukkan gula aren dan sejimpit garam aduk hingga larut, saring dan sisihkan.

-Lalu, vampur tepung ketan hitam, tepung beras dan garam. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa di bentuk. Pulung sebesar kelereng.

Baca Juga:   Sepakat, Akses Menuju Ponpes Daarul Ulum Dibuka, Ini Syaratnya

-Kemudian, panaskan kembali cairan gula, ditambah dengan daun pandan, tunggu mendidih masukkan pulungan tepung ketan. Tunggu hingga mengambang, kecilkan api tunggu hingga cairan gula mengental.

-Masukkan 1 sendok teh tepung tapioka yang sudah dicairkan dengan sedikit air, aduk sampai mengental dan meletup-letup setelah itu matikan kompor.

-Kemudian, panaskan santan kental dengan sejimpit garam, sampai mendidih.

-Sajikan bubur candil dengan di siram santan kental.




  • Bagikan