Yuk Perketat Prokes, Zona Oranye di Lampung Tersisa Tiga Daerah

  • Bagikan
Kadiskes Lampung Reihana. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun zona resiko penularan Covid-19 di Provinsi Lampung turun.

Pada Rabu (8/9) tercatat dalam https://covid19.go.id/peta-risiko hanya ada tiga zona oranye di Provinsi Lampung. Ke  tiga daerah yaitu Lampung Timur, Waykanan dan Metro. Sementara 12 kabupaten/kota lainnya berzona kuning.


Ke 12 daerah tersebut diantaranya Pringsewu, Lampung Selatan, Lampung Timur, Mesuji, Lampung Tengah, dan Lampung Utara. Kemudian Pesawaran, Tulangbawang Barat, Pesisir Barat, Tulangbawang, Bandarlampung, dan Tanggamus.

Meski demikian, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan tidak boleh terlena. “Kuncinya masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Tidak boleh terlena dengan penurunan zona resiko,” kata Kadiskes Lampung Reihana.

Baca Juga:   Sidak CPNS, Ombudsman Lampung Tekankan Berikan Pelayanan Maksimal

Apalagi, ada informasi mengenai mulai adanya varian baru mutasi Covid-19 dengan nama varian Mu atau B.1621. Untuk itu Reihana menegaskan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebagai pengawasan, sampel hasil swab PCR pasien di Lampung juga dikirimkan ke Kemenkes untuk mengecek whole genome sequencing (WGS) untuk melihat ada tidaknya mutasi gen.

“Kita sudah kirim terus WGS, tapi tidak banyak mutasi gen tapi hanya satu dua yg positif mutasi gen ad tapi sudah membaik tapi yang MU ini belum ada,” tambahnya. (rma/wdi)




  • Bagikan